BPBD Tanbu Ingatkan Potensi Rob

Kepala pelaksana BPBD Tanbu, H Sulhadi. (FOTO:IST)

JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengeluarkan peringatan dini potensi rob 12-19 November 2023.

Potensi banjir pesisir atau rob diperkirakan akan terjadi selama satu minggu. Hal itu akibat adanya fenomena fase bulan baru atau Super New Moon.

Kepala pelaksana BPBD H Sulhadi mengatakan, fenomena tersebut berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di wilayah pesisir Kalsel.

“Hal ini berdampak pada terganggunya aktivitas keseharian masyarakat, transportasi di pelabuhan dan pesisir. Seperti kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir serta perikanan di darat,” ucapnya, Minggu (12/11/2023).

Dalam rangka mengantisipasi potensi terjadinya bencana sebut Suhaldi, maka BPBD mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dini. Terutama di saat melakukan aktivitas di luar rumah.

“Bagi masyarakat yang berada di sekitar pesisir agar terus waspada, kemungkinan akan terjadi gelombang tinggi dan naiknya air pasang laut serta dihimbau kepada para nelayan menunda sementara aktivitas melaut apabila kondisi cuaca membahayakan bagi keselamatan,” ujarnya.(saa/shd/jb)



Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar