Diskominfo Tanbu Tingkatkan Keamanan Situs

Peluncuran Computer Security Incident Response Team (CSIRT).(FOTO:IST)

JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Dalam rangka meningkatkan keamanan situs pemerintah, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Tanah Bumbu meluncurkan Computer Security Incident Response Team (CSIRT). 

Peluncuran CSIRT digelar di Ruang Digital Live Room, Rabu (15/11/2023).

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar dalam sambutan yang di bacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, M Putu Wisnu Wardhana mengatakan, peluncuran ini merupakan hal yang luar biasa dan patut diapresiasi.

“Dalam melaksanakan tujuan negara kita ini, tentu tidak lepas dari cyber. Di era sekarang ini, kita hidup dengan percepatan-percepatan teknologi, saat ini kita menjalankan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” jelasnya.

Dikatakanya, keamanan informasi merupakan sesuatu yang menarik, tanpa disadari semua yang terhubung kejaringan tidak ada yang aman 100%. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, skala ancaman semakin luas. 

"Maka dari itu, kita harus siaga menghadapi segala jenis ancaman kejahatan cyber,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo SP, Al Husain Mardani mengatakan, serangan cyber merupakan sebuah konsekuensi dari proses transformasi digital.

“Dalam setiap proses Csirt melakukan tugas monitoring, menerima, meninjau dan menanggapi,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut turut pula hadir dari perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, serta perwakilan dari Keamanan Siber dan Sandi Negara Pemerintah Daerah.(saa/shd/jb)



Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar