Tanbu Gelar KLHS RPJPD 2025-2045

Kegiatan Konsultasi publik I penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tanah Bumbu. (FOTO:IST)

JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Konsultasi publik I penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tanah Bumbu 2025-2045. Rabu (15/11/2023).

Dalam acara tersebut, Staf Ahli Ekonomi, Dwi Dibyo Raharjo, mewakili Bupati Zairullah Azhar mengucapkan terima kasih pada tamu undangan dan panitia. 

Dijelaskan Dwi, proses penyusunan KLHS RPJPD ini untuk memastikan keterlibatan semua pihak terkait. Langkah ini untuk mengidentifikasi strategi isu-isu dalam pembangunan berkelanjutan sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

"Penyusunan RPJPD KLHS dimulai dengan identifikasi pemangku kepentingan, isu pembangunan berkelanjutan, dan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan," ujarnya.

Akuntabilitas sebutnya, juga menjadi fokus dalam rencana pembangunan daerah. Keputusan berdasarkan pada informasi, masukan, dan keterlibatan dari berbagai SKPD lintas sektor. 

"Konsultasi Publik KLHS RPJPD Kabupaten Tanah Bumbu tidak hanya penting dalam perencanaan pembangunan, tetapi juga mencerminkan demokrasi partisipatif," terangnya.

Di akhir acaranya, Dwi mengajak seluruh pihak untuk terus berpartisipasi aktif dalam proses ini, karena melalui kerjasama, tujuan bersama untuk pembangunan berkelanjutan dapat tercapai. 

Kegiatan ini diharapkan menjadi titik awal yang baik untuk perencanaan pembangunan berkelanjutan yang lebih inklusif, memberikan manfaat positif bagi lingkungan hidup dan masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu.(saa/shd/jb)




Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar