Pembangunan 3 Jembatan di Tanbu Sudah Rampung 

Salah satu jembatan yang rampung di Kabupaten Tanbu.


JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Selama 2023, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berhasil merampungkan pembangunan tiga unit jembatan. 

Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pada tahun 2023 merampungkan pembangunan tiga unit jembatan.

Kepala Dinas PUPR Pemkab Tanbu, Hernadi Wibisono melalui Kepala Bidang Bina Marga, Ramdhan Nasution memastikan pembangunan tiga unit jembatan tahun 2023 sudah rampung.

“Sudah rampung dan sudah bisa melintas kendaraan warga,” ujar Ramadhan, Jumat (20/12/2023).

Ramdhan membeberkan, tiga jembatan yang sudah rampung pembangunannya tersebut berada di Kecamatan Batulicin, Kusan Tengah dan Mantewe.

“Jembatan kusambi di Desa Maju Bersama, jembatan pulau tanjung-salimuran di Desa Pulau Tanjung dan jembatan batu haring di Desa Mantewe,” beber dia.

Dia menjelaskan, perbaikan dan pembangunan jembatan ini merupakan inisiasi Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar yang ingin memberikan pelayanan terbaik dan peningkatan ekonomi warga.

“Pak Bupati (Zairullah Azhar) sangat konsen dalam mendukung kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan program peningkatan akses penunjang ekonomi masyarakat ini,” jelas dia.

Dia menambahkan, salah satu jembatan pembangunannya sesuai target kontrak harusnya selesai pada tahun 2024 mendatang.

“Jembatan kusambi selesai lebih awal, padahal kontrak selesai hingga pertengahan tahun 2024,” tambah dia.

1. Jembatan Kusambi

Jembatan Kusambi berada di Desa Maju Bersama Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Jembatan ini memiliki panjang bentang 60 meter dan lebar 8 meter. Pembangunan jembatan menggunakan konstruksi baja kelas B dengan kekuatan beban hingga 50 ton. Realisasi pembangunan jembatan ini Pemkab Tanbu mengucurkan anggaran senilai Rp 13,573 miliar.

2. Jembatan Batu Harang

Jembatan Batu Harang terletak di Desa Mantewe Kecamatan Matewe Kabupaten Tanah Bumbu. Jembatan dengan konstruksi rangka baja kelas C ini memiliki panjang bentang 50 meter dan lebar 4,5 meter. Jembatan dengan kekuatan beban di atas 25 ton ini pembangunannya menguras anggaran Pemkab Tanbu senilai Rp 8,6 miliar.

3. Jembatan Pulau Tanjung-Salimuran

Jembatan Pulau Tanjung-Salimuran berada di Desa Pulau Tanjung Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu. Jembatan ini memiliki panjang bentang 18 meter dan lebar 7 meter ditambah trotoar 0,5 meter di sisi kiri dan kanan jembatan. Jembatan terbuat dengan konstruksi pile slab. Anggaran untuk jembatan ini Pemkab Tanbu mengucurkan dana Rp 3 miliar. (dr/adv/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar