Dua Gedung SKPD Baru dan MPP Siap Jadi Program Strategis Tanbu 2024

Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar.


JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Sejumlah program strategis di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) telah selesai disusun dan hanya menunggu waktu pembangunan.

Adapun, program strategis di Tanbu yang akan dijalankan pada 2024 ini ialah proyek pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) dan dua gedung SKPD baru. 

Fokus pembangunan itu, sesuai visi misi Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar dan Wakil Bupati, H Muhammad Rusli.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanbu, Hernadi Wibisono memaparkan terkait dengan pengerjaannya.

"Pembangunannya akan dilakukan pihaknya dengan nilai anggaran sekitar Rp20 miliar dan diproyeksikan pembangunan MPP tersebut akan ditempatkan di Jalan Lingkar 30 yang berada di pinggir jalan raya untuk kemudahan masyarakat," ujar Hernadi, Rabu (10/1/2024).

Program tersebut menciptakan pelayanan terpadu satu pintu secara terpusat dalam satu gedung.

”Beliau (bupati) ingin memberikan pelayanan berbasis kemudahan secara optimal bagi warga Bumi Bersujud, jadi kami di PUPR akan membangun itu,” sebutnya.

Saat ini, dikatakan Hernadi pelayanan publik baik dari Pemkab Tanbu maupun instansi pemerintah lainnya masih terpisah hingga belum memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Fungsi MPP ini nantinya, semua pelayanan publik di satu area agar masyarakat tidak bolak balik saat mengurus apa pun,” kata Hernadi.

Selain pembangunan gedung MPP, PUPR juga prioritaskan untuk pembangunan dua gedung SKPD baru.

Dua gedung itu yakni Bapedda dan BPKAD mengingat instansi itu belum memiliki gedung sendiri yang memadai.

Seperti yang diketahui, BPKAD masih bertempat di Kantor Bupati Tanah Bumbu di Jalan Dharma Praja Komplek Perkantoran Pemerintahan. 

Rencananya, BPKAD akan dibangunkan kantor di sekitar komplek Perkantoran Pemerintahan. Begitu pula Kantor Bappedalitbang, saat ini memang sudah ada kantor namun dinilai terlalu kecil dan perlu ada aula yang besar.

Bappeda sendiri ering melaksanakan kegiatan yang melibatkan SKPD sebagai wadah perencanaan pembangunan.

”Bappeda dibangun dengan bangunan yang lebih besar dan akan ada aula besar di kantornya nanti. Karena yang ada sekarang, ruangannya kecil," tutupnya. (dr/adv/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar