Gagasan Bupati Tanbu, ASN Wajib Salat Dhuha Setiap Pagi 

Salat dhuha di lingkungan Pemkab Tanbu.


JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menjadi satu-satunya daerah yang mewajibkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) melaksanakan salat dhuha setiap pagi. 

Kegiatan itu digagas oleh Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar yang kemudian diikuti
 oleh seluruh SKPD lingkup Pemkab Tanbu. Adanya salat dhuha itu sendiri, membuat kegiatan Apel pagi ditiadakan. 

"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, kita
semua dan Tanah Bumbu khususnya mendapatkat keberkahan dari Allah SWT," kata Zairullah usai mengimami salat, Senin (29/1/2024). 

Uniknya, salat dhuha itu diimami langsung oleh Bupati Tanbu. Yang kemudian hanya akan digantikan oleh imam lain jika Zairullah sedang menjalankan tugas luar. 

Abah Zairullah, sapaan akrabnya mengatakan, salat Dhuha berjemaah Tanah Bumbu diikuti oleh semua ASN, dan membuat petinggi di daerah lain bingung.

"Kok bisa ya, kata mereka kepada saya," ungkapnya menirukan.

Seperti diketahui ibadah salat sunnah yang
dilakukan pada awal waktu setelah 20 menit matahari terbit dan akhir waktu di seperempat siang salat Dhuha boleh dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan lebih banyak dengan kelipatan yang sama. 

Keutamaan salat Dhuha menurut hadis ada sepuluh. Selain itu, salat Dhuha adalah bagian dari sedekah terbaik, membawa kecukupan rezeki, hingga dijanjikan pintu surga-Nya. (dr/adv/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar