Tanah Bumbu Bakal Miliki BLK Sendiri

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar dan Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli.


JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Kabupaten Tanah Bumbu bakal miliki Balai Latihan Kerja (BLK) sendiri pada 2024 ini.

Bupati Tanbu, dr HM Zairullah Azhar mengatakan pembangunan BLK merupakan program unggulan guna meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Bumi Bersujud.

"Mengingat peningkatan kualitas SDM sangat di perlukan. Karena Tanah Bumbu bukan hanya sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN), tapi sebagai Mitra IKN," ujar Zairullah, Kamis (17/01/2024).

Untuk itu, ia menyebut perlu di persiapkan segala sesuatunya. Salah satunya yaitu SDM.

Koordinasi ke Kementrian Tenaga Kerja pun telah dilakukan oleh Pemda setempat yang diwakilkan oleh Sekda Tanbu, Ambo Sakka belum lama tadi.

Hasilnya, proses lelang BLK Tanbu akan di mulai pada Februari 2024. Sementara itu, untuk pembangunan akan di mulai secara bertahap, mulai dari dua buah bangunan workshop dan perkantoran, serta tempat ibadah.

Dua buah bangunan workshop tersebut yaitu program pelatihan operator alat berat dan mekanik.

Program pelatihan tersebut merupakan kebutuhan warga Tanbu yang berminat menjadi operator dan mekanik di sektor pertambangan maupun perkebunan dan bidang usaha lainnya.

“Ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejateraan masyarakat,” ucap Zairullah.

Pembangunan BLK di Tanbu sendiri merupakan janji dari Bupati Tanbu, Zairullah Azhar untuk meningkatkan kualitas SDM dan mengurangi angka pengangguran.

Sebab itu, sejak kepemimpinan Bupati Zairullah dan Wakilnya, Muhammad Rusli, Balai Latihan Kerja telah dibentuk meski masih menggunakan bangunan bekas pasar Pagatan.

Kendati demikian, tetap berjalan dan sudah mencetak tenaga ahli disejumlah bidang yang sudah mandiri dan bekerja di perusahaan.

Tak hanya itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, terus mengejar ke Kementrian Ketenagkerjaan RI untuk pembangunan Balai Latihan Kerja Berstandar Nasional.

Alhasil, tahun 2024 ini Kementrian Ketenagakerjaan akan membangunkan BLK yang telah diperjuangan Bupati Tanah Bumbu. Tentu saja, ini juga sebagai bagian upaya menyambut IKN.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tanah Bumbu, Kadri Mandar mengatakan jika proses pada Februari memasuki persiapan lelang dan pada Maret mendatang akan dilaksanakan pengumuman hasil pemenang lelang.

”Bulan Februari ini persiapan lelang, pengumuman hasil pemenang lelang nantinya dibulan Maret," ungkap Kadri.

Dari proses itu, perkiraan pelaksanaan pekerjaannya akan dimulai pada April mendatang setelah proses administraisnya selesai.

”Lama pekerjaan pembangunan, ditargetkan selama 6 bulan sudah selesai. Untuk lahan pembangunan BLK ini, Pemda sudah dari tahun-tahun sebelumnya siapkan lahan seluas 5 Ha,” beber Kadri.

Ia pun berharap, proses pembangunan ini bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan sehingga fasilitasnya ini bisa cepat dirasakan masyarakat untuk peningkatan SDM. (dr/adv/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar