150 Kader Posyandu di Tanbu Dibekali Ilmu Meja Enam

Sosialisasi pelayanan meja enam pada 150 kader posyandu di Tanbu.


JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Sebanyak 150 kader posyandu di Kabupaten Tanah Bumbu diberikan pembekalan mengenai pelayanan meja enam posyandu, Selasa (20/2/2024).

Sosialisasi itu dilakukan guna memberikan pemahaman dalam pengolahan bahan makanan yang bergizi, sehat dan seimbang untuk keluarga.

"Sosialisasi ini penting, terutama sebagai penegasan tugas dan peran Kader Pangan di Posyandu Meja Enam," ujar Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Putu Wisnu Perdana.

Ditambahkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Wahyu Windarti bahwa posyandu menjadi salah satu tempat penting di masyarakat.

Tak sekedar tempat imunisasi anak, Posyandu juga menjadi tempat memberdayakan para ibu untuk memperhatikan kesehatan anak dan pola konsumsi keluarga.

"Keberadaan Posyandu bagi pemerintah perannya sangat besar dalam pembangunan kualitas generasi bangsa, khususnya kesehatan bayi dan balita," katanya.

Tidak lupa, ia meminta kepada para kader untuk memberikan informasi terhadap para ibu di Posyandu untuk menanam tanaman bermanfaat di lahan pekarangan.

Kepala DKPP Tanbu melalui Kabid Ketahanan
Pangan, Rahbiyah melaporkan kegiatan sosialisasi dengan peserta sebanyak 150 Kader Pangan Posyandu.

Sosialisasi mengusung tema Penguatan
Ketahanan Pangan Masyarakat melalui
Pemberdayaan Kader Pangan.

"Tujuan sosialisasi untuk penegasan tugas kader
pangan pada meja enam Posyandu," ujarnya.

Meja enam Posyandu bertugas mengedukasi
masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah agar di tanam tanaman yang bisa di konsumsi.

Sehingga tidak hanya berdampak pada ketahanan pangan dalam keluarga, juga di harapkan meningkatkan perekonomian keluarga.

Berdasararkan Permendagri No 19 Tahun 2011
tentang Pedoman Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Posyandu. Terdiri dari Tujuh kegiatan yakni Meja 1 Pendaftaran, 2 Penimbangan, 3 Pencatatan atau Pengisian KMS, 4 Penyuluhan Kesehatan, 5 Pelayanan Kesehatan, 6 Percepatan Penganekaragaman Pangan, 7 Peningkatan perekonomian keluarga. (dr/adv/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar