Perpustakaan Terakreditasi di Tanbu Hanya 26, Dispersip Targetkan Bisa Tambah Jumlah Akreditasi

Perpustakaan sekolah di Tanbu.


JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Sebanyak 26 perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) telah terakreditasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat akhir 2023 lalu.

Dari total keseluruhan perpustakaan sekolah yang ada di Tanbu sebanyak 245, hanya ada 85 perpustakaan yang memiliki Nomor Pokok Perpustakaan (NPP)

"NPP merupakan salah satu syarat wajib agar perpustakaan dapat terakreditasi," ucap Kepala Dispersip Tanbu, Yulia Rahmadani melalui Sekretaris Dispersip, M Saleh, Selasa (20/2/2024).

Meningat angka perpustakaan terakreditasi masih jauh dari harapan, dengan kata lain masih ada perpustakaan yang belum sesuai standar nasional.

Dispersip Tanbu pun berupaya melakukan sejumlah cara guna menambah jumlah perpustakaan yang terakreditasi.

Akreditasi perpustakaan itu sendiri, dijelaskan Saleh merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan.

”Berkenaan dengan hal tersebut maka dipandang perlu untuk membuat sebuah strategi yang untuk percepatan akreditasi perpustakaan di Kabupaten Tanbu, salah satunya adalah melalui bimtek pengelola perpustakaan sekolah yang diadakan pada hari ini," tutupnya. (dr/adv/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar