Tanbu Raih Piala Adipura Kategori Kota Kecil

Sekretaris Daerah Tanbu, Ambo Sakka saat menerima penghargaan Adipura kategori Kota Kecil. | Foto : Media Center Tanah Bumbu


JURNALBANUA, JAKARTA - Kabupaten Tanah Bumbu berhasil meraih Penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil yang langsung diterima oleh Bupati Zairullah Azhar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Tanbu, Ambo Sakka, Selasa (5/3/2024) di Jakarta.

“Alhamdulillah, ini adalah kedua kalinya Tanbu meraih Piala Adipura 2023,” ungkap Sekda Tanbu.

Program Adipura dilaksanakan sebagai bentuk penilaian terhadap komitmen Pemerintah Daerah dalam pengelolaan sampah dan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Upaya ini sejalan dengan target Pembangunan Berkelanjutan 2030 (SDGs), khususnya SDGs tujuan ke-11 mengenai pembangunan pemukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.

Program Adipura tahun 2023 diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 dengan tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Langkah ini sejalan dengan isu global mengenai pencemaran sampah plastik.

Sejak tahun 2023, Tanbu telah berkomitmen untuk mendukung pencapaian target emisi sampah hingga tahun 2030, dengan fokus pada penanganan sampah 70% dan pengurangan sampah 30% pada tahun 2024. 

Hal ini memerlukan pengelolaan sampah yang terpadu dari hulu ke hilir, serta pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ramah lingkungan. Dengan demikian, Tanah Bumbu terus berupaya menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih baik. (dr/adv/jb)



Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar