FGD: Upaya Pengembangan Produk Unggulan daerah 2024

forum grup discussion (FGD) dengan tema. Identifikasi, penentuan dan penetapan produk unggulan daerah kabupaten Tanah Bumbu tahun 2024. | Foto : MC Tanah Bumbu



JURNALBANUA, BATULICIN - Bappedalitbang gelar forum grup discussion (FGD) dengan tema. Identifikasi, penentuan dan penetapan produk unggulan daerah kabupaten Tanah Bumbu tahun 2024.

Kegiatan FGD tersebut di gelar di ruang rapat Bappedalitbang dengan melibatkan berbagai instansi terkait dalam pembahasan produk unggulan daerah tersebut (18/07/2024).

Di buka langsung oleh Dya Hartati dewi Kepala bidang Litbang FGD tersebut menekankan pembangunan daerah yang lebih terorganisir melalui riset dan pengembangan. Serta pemerintah daerah harus lebih terencana dalam melihat potensi daerah berdasarkan data yang ada.

Dr. Eddy Priyanto.,S.E,. M.M dosen Pascasarjana STIEKN selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan. Bahwa pembangunan produk unggulan daerah harus di sertai dengan kemampuan melihat sektor yang unggul dan dapat di unggulkan.

“Dalam pengembangan produk unggulan daerah kita harus lebih jeli dalam melihat pasar dan pemasaran sehingga kita butuh riset yang lebih mendalam”

Hal tersebut di ungkapkan karena kabupaten Tanah bumbu secara sektor ekonomi masih di dominasi oleh pertambangan. Sehingga perlu identifikasi dan pengembangan yang lebih luas lagi terhadap sektor-sektor yang lain.

Potensi produk unggulan daerah sebenarnya juga bisa di garap dari sektor yang lain seperti pertanian, perikanan, pendidikan. Serta berbagai sektor yang kiranya mampu mendongkrak pembangunan daerah.

Sehingga penyiapan sumberdaya manusia (SDM) harus sejalan dengan pengembangan dan pembangunan daerah. (dr/jb/adv)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar