Kangen Dengar Langsung UAS, Datanglah Salat Jumat di Masjid Al Falah ini Hari...

Ustadz Abdul Somad
JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Anda kangen dengan wawasan luas, suara tegas dari pria bertubuh kecil Ustadz Abdul Somad? Datanglah hari ini ke Masjid Agung al Falah, Tanah Bumbu.

Rencananya hari ini, pria yang akrab disapa UAS tersebut akan menjadi petugas salat Jumat.

"Insya Allah, beliau yang akan menjadi petugas salat Jumat hari ini," ujar Koordinator Lazis ASFA Kalsel, H Sudian Noor.

Sekadar diketahui, Al Falah merupakan masjid termegah di Tanah Bumbu. Dibangun dari hasil kocek pribadi seorang pengusaha lokal.

Masjid ini menjadi kunjungan wisata dari jemaah. Karena keindahan dan konsep tata ruang masjid yang dianggap merupakan salah satu yang mentereng di Kalsel.

Al Falah berlokasi di JL Kodeco kilomter  dua koma lima.

Menurut situs anugerahkubah.com, desain yang dimiliki oleh masjid-masjid di Timur Tengah pada umumnya, dengan ciri khas kubah utama berukuran besar, dengan beberapa menara yang menjulang tinggi seakan-akan menusuk langit. Masjid Agung Al-Falah ini juga memiliki 1 kubah berukuran sangat besar, ditambah dengan 2 menara yang menjulang tinggi mengapit pintu gerbang utama, atau diletakkan pada sisi kiri dan kanan masjid, menyatu pada bangunan dinding plaza atau halaman.

Masjid ini dibangun persis seperti desain masjid Timur Tengah, dengan pelataran atau plaza yang luas, dikelilingi dengan tembok berongga. Pelataran luas tersebut biasanya digunakan sebagai ruang tambahan sholat jika pada ruangan utama sudah tidak mampu menampung jamaah lagi. Biasanya event seperti ini terjadi pada saat pelaksanaan dua hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha.

Pada bagian Interior di dalam bangunan utama juga sangat indah, dengan berbagai hiasan kaligrafi, dan beberapa hiasan khas Provinsi Kalimantan Selatan. Dinding bagian dalam dan luar pada bangunan masjid ini keseluruhannya memakai bahan baku batu granit sehingga terlihat sangat kokoh. Bangunan masjidnya didirikan dengan dua lantai, sehingga jamaah yang dapat ditampung  menjadi dobel.

Untuk akses masuk ke areal wudhu, dilanjutkan dengan area utama sholat, diberikan 2 akses pintu masuk yang berbeda antara jamaah pria dan wanita, sehingga jamaah tidak perlu khawatir bertatap muka pada saat berwudhu maupun masuk ke dalam masjid.

Sebuah kolam yang berukuran lumayan besar juga dibanguna di dua sisi masjid (kanan dan kiri) untuk menambahkan suasana sejuk bagi para pengunjung.

Kemegahan Masjid Agung Al-Falah ini akan terlihat pada saat malam hari. Disaat lampu hias menyinari kubah seakan-akan kubah raksasa tersebut terbuat dari emas. (zal)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar