Pemkab Tanbu Tampilkan Tujuh Inovasi di InaRI Expo 2024, Dorong Pembangunan Berbasis Iptek

Pemkab Tanbu Tampilkan Tujuh Inovasi di InaRI Expo 2024, Dorong Pembangunan Berbasis Iptek. |
 Foto : MC Tanah Bumbu




JURNALBANUA, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) tampilkan tujuh inovasi dalam Indonesian Research and Innovation (InaRI) Expo 2024.

Kepala Bappedalitbang Tanbu Andi Anwar Sadat melalui Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Dyah Hartati Dewi, Mengatakan dalam InaRIExpo 2024 tersebut Tanbu di wakili SMK Muhammadiyah Kusan Hilir.

“Ada sebanyak tujuh inovasi yang kami tampilkan, yakni, Inhibisi koresi baja, ediblecoating ekstra daun jambu, produk kecantikan dari rambut jagung, kosmetik pucuk merah, produk kesehatan dan jismetik limbah kayu ulin, serta produk eco enzim,” sebutnya, Kamis (8/8/2024).

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda Tanbu, Hj Narni mengatakan, melalui kegiatan Rakotek dan InaRI Expo 2024 ini, sebutnya kedepannya Tanbu menjadi lebih inovatif, serta di harapkan dalam setiap kebijakan by research sebagai arah dalam pengambilan keputusan.

“Dalam pembangunan perlu mengedepankan aspek pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tehnologi (Iptek) serta inovasi,” tegasnya. 

Dengan mengembangkan iptek dan inovasi tentunya bisa meningkatkan daya saing daerah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan mengurangi angka kemiskinan, sehingga masyarakat bisa hidup sejahtera.

"Pemda Tanbu Bapedalitbang perlu mengembangkan dan memperkuat sistem inovasi daerah dengan mensinergikan pihak pemerintah daerah, pihak swasta, perguruan tinggi, dan segenap pemangku kepentingan dalam mendayagunakan iptek, riset dan inovasi dalam pembangunan daerah," bebernya. 

Adapun Rakortek Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) dan Inari Expo 2024 di selenggarakan dari 7 hingga 11 Agustus 2024 di Gedung BJ Habibie – BRIN Jakarta (Rakortek) dan ICC Bogor Jawa Barat.

Rakortek dengan agenda workshop manjemen tata kelola SDM berbasis IPTEK, manajemen kajian berbasis bukti, dan manajemen pengelolaan HAKI.

Pada pembukaan InaRI Expo 2024 di gedung ICC BTRIN KST Soekarno Cibinong Bogor dan di lanjutkan dialog dengan Dewan Pengarah BRIN dan BRIDA Hj Megawati Soekarno Putri.

Sementara itu, dari Pemkab Tanah Bumbu hadir Bupati Tanbu di wakili Asisten Administrasi Umum Hj Narni, Bappedalitbang, dan Kepala Bagian Organisasi Setda Arif Rahman Hakim. (dr/jb/adv)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar