Pengamat ULM: Lisa Halaby Momentum Keadilan Demokrasi Banjarbaru

Lisa Halaby saat menggelar kegiatan hiburan di Banjarbaru dengan cara mendatangkan pasangan suami istri yang merupakan influencer populer Raffi dan Nagita | FOTO: IST
JURNALBANUA.COM, BANJARBARU - Perempuan kelahiran 1979 kini jadi buah bibir. Setelah mundur sebagai ASN di Pemkot Banjarbaru, kini ia masuk ke dalam bursa Pilwali di sana.

Baru-baru ini Hj Erna Lisa Halaby itu menggelar Fun Walk Kemerdekaan dengan mengundang sejumlah artis. Paling menyita atensi publik tentu saja saat dia mengundang Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, selebritis populer Tanah Air yang dikenal bertarif fantastis.

Sebelumnya, Lisa mengundang Ustaz Adi Hidayat untuk mengisi ceramah dalam Tablig Akbar yang digelar oleh Yayasan Abdul Azis Halaby di Sofia Residence 2, Kecamatan Loktabat Utara, Banjarbaru. Saat itu umat Islam tumpah ruah memenuhi lokasi acara.

Lantas, siapakah Lisa Halaby?

Karir Lisa sebagai ASN dimulai pada tahun 2000. Saat itu Kota Banjarbaru masih berada di bawah kepemimpinan Rudy Resnawan sebagai wali kotanya. Berkat kerja kerasnya, jebolan Strata 1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pancasetia -juga terkenal dengan sebutan STIEPAN-, akhirnya diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2007. Setahun kemudian, SK sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) berhasil ia kantongi.

Setelah sempat menjadi staf di Bagian Umum, lalu pada 2015 Lisa mendapat dua kali promosi kenaikan jabatan. Yakni sebagai sebagai Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Sosial di Kelurahan Komet, dan Sekretaris Lurah Loktabat Utara.

Tiga tahun setelahnya, pada 2018, perempuan berdarah campuran Banjar – Timur Tengah ini kembali mendapat promosi kenaikan jabatan sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kesejahteraan pada Bagian Kesra. Jabatan yang akhirnya ia pungkasi dengan surat pengunduran diri.

Pada 2016 lalu, Lisa Halaby bersama keluarga besarnya mendirikan Yayasan Abdul Aziz Halaby. Yayasan yang namanya diadopsi dari nama sang ayah, Abdul Aziz Halaby, bergerak di bidang kemasyarakatan, pendidikan, agama, dan sosial. Di sana ia dipercaya sebagai pengawas.

Taman Pendidikan Al Quran (TPA), menjadi salah satu fokus utama didirikannya Yayasan Abdul Aziz Halaby. Di bawah naungan yayasan tersebut, saat ini ada tak kurang 570 santri. Semuanya bebas biaya, alias gratis.

Tak hanya anak-anak, para orang tua yang belum bisa, atau belum lancar membaca Al Qur’an, juga diberi ruang yang sama untuk belajar di Yayasan Abdul Aziz Halaby.

Di bawah naungan yayasan yang sama, pada 2023 juga telah berdiri dan beroperasi, SD Al Halaby Islamic School. Ada 100 anak yang saat ini sedang menuntut ilmu di sana. Antusiasme masyarakat menyekolahkan anaknya di SD Al Halaby Islamic School sangat tinggi, tapi karena masih fase penambahan gedung, jumlah siswa masih dibatasi.

Tak hanya aktif di yayasan, perempuan yang baru akan genap berusia 45 tahun pada 11 September tahun ini juga telah mendirikan Majelis Taklim Halaby. Di sana Lisa Halaby sebagai pimpinannya.

Pandangan Pengamat

Akademisi Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. Husaini, ikut berkomentar mengenai fenomena Lisa Halaby. Dia menilai strategi politik Lisa akan direspons pro dan kontra oleh masyarakat.

“Namun yang perlu dipahami bersama adalah sudah terlalu lama perempuan menunggu hadirnya peluang politik dan dukungan dari berbagai pihak,” katanya.

Masifnya dukungan partai politik kepada tokoh perempuan, kata dia, dapat menjadi momentum terwujudnya demokrasi berkeadilan yang bermula dari Kota Banjarbaru, meskipun pada akhirnya fenomena ini tidak harus menyenangkan semua pihak.

Menurut dia, tantangan besar juga masih membayangi sosok Erna Lisa Hallaby, bahwa tidak ada korelasi secara langsung antara dukungan partai politik dengan dukungan di tingkat grassroot.

“Maka dari itu faktor personal perempuan akan menjadi krusial untuk dapat beradaptasi dengan berbagai konfigurasi institusi demokrasi terutama akar rumput nantinya,” jelasnya.

Menjelang Pilkada Serentak 2024, tak bisa dipungkiri Lisa Halaby makin disukai. Sosoknya yang ramah dan kharismatik, ditambah dukungan politik yang kuat, membuat posisinya makin mantap menjadi calon orang nomor satu di Banjarbaru. (*)

sumber artikel: kakinews.id


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar