Sejarah Tercipta di Tanbu: Arus Pembaruan Mengerucut ke Bang Arul-Bahsanuddin

KIRI KE KANAN: Ketua Dewan Penasehat Tim Kampanye H Agoes Rakhmady, Ketua DPD Gerindra Tanbu H Difriadi Darjat, bakal cawabup H Bahasanuddin, bakal cabup H Andi Rudi Latif, Ketum Tim Kampanye H Sudian Noor, saat menyerahkan berkas dukungan delapan partai politik kepada Ketua KPU Tanbu Puryadi, Selasa 27 Agustus 2024 | FOTO: JURNAL BANUA
Sejarah tercipta di Tanah Bumbu. Jika partai politik adalah gambaran dari berbagai kepentingan masyarakat, maka tahun ini keinginan para wakil rakyat mengejewantah hanya dalam satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Andi Rudi Latif-Basanuddin.

JURNALBANUA.COM, BATULICIN - Arak-arakan besar itu berjalan kaki dari Masjid Agung Nurussalam ke KPU. Mereka dominan menggunakan busana biru. Wajah mereka penuh percaya diri.

Di barisan depan terlihat H Andi Rudi Latif dan wakilnya H Bahsanuddin, Ketua Dewan Penasehat Tim Kampanye H Agoes Rahkmady, Ketum Tim Kampanye H Sudian Noor, dan beberapa tokoh politik lainnya.

Ketua KPU Tanah Bumbu Puryadi kepada Jurnal Banua menjelaskan, pasangan ini didukung semua partai politik yang memiliki kursi di parlemen. "Walau memang ada yang belum melampirkan SK dari DPP pusat, tapi kita tunggu sampai tanggal 29 Agustus nanti," ujarnya.

Saat ini katanya, KPU mengikuti aturan MK yang terbaru. Walau ambang batas dukungan partai politik di Tanah Bumbu turun jadi 10 persen suara sah dari total DPT, tapi kemungkinan besar tidak akan ada calon lain yang mendaftar. "Itu kalau semua nanti sah terverifikasi delapan parpol mengusung pasangan ini," tekannya.

Jika itu terjadi, apakah lawannya adalah kotak kosong? Puryadi enggan berandai. Dia meminta publik menunggu saja sampai proses verifikasi yang akan mereka lakukan rampung.

Andai juga terjadi fight dengan kotak kosong, apakah ada aturan terbaru? Puryadi menegaskan tidak ada. Aturan masih seperti yang lama, kemenangan atas kotak kosong masih seperti yang lama. Menang ya menang, tanpa ada syarat tambahan lainnya.

Terpisah, Ketua DPD PAN Tanah Bumbu H Agoes Rakhmady membenarkan, masih ada SK DPP pusat yang belum sampai ke daerah. Tapi dia menekankan, apapun nanti hasil verifikasi, mereka sudah siap lahir batin memenangkan pasangan Bang Arul-Bahsanuddin.

Menurut Agoes, pasangan mereka adalah hasil dari aspirasi masysarakat Tanah Bumbu. "Kan, partai mengambil keputusan berdasarkan aspirasi dari bawah. Maka melihat begitu derasnya dukungan partai, kami optimis Tanah Bumbu akan memiliki pemimpin baru yang lebih berpihak ke masa depan daerah ini," pungkasnya. (adv/zal)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar