Zairullah Azhar Buka FGD Rancangan Teknokratik RPJMD Tanbu 2025-2029, Tekankan Pondasi Menuju Indonesia Emas 2045

Zairullah Azhar Buka FGD Rancangan Teknokratik RPJMD Tanbu 2025-2029, Tekankan Pondasi Menuju Indonesia Emas 2045. | Foto : MC Tanah Bumbu



JURNALBANUA, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Zairullah Azhar, secara resmi membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Rancangan Tenokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2025- 2029, di Gedung Mahligai Bersujud, Rabu (01/08/24).


Secara virtual melalui fasilitas live streaming Dinas Kominfosp Tanbu, Zairullah mengatakan jika RJMPD adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode lima tahun, yang di susun oleh Pemerintah Daerah (Pemda).


Di mana sepenuhnya menggunskan pendekatan teknokratik, sebelum terpilihnya Kepala daerah dan wakil kepala daerah.


“Rancangan Teknokratik RPJMD Tanbu Tahun 2025-2029 inilah yang nantinya akan menjadi pedoman dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di Tanbu,” jelasnya.


Pria kelahiran Pagatan ini juga menambahkan bahwa Rancangan Teknokratik RPJMD ini tentu juga harus berpedoman pada periode RPJPD 2025-2029. 


Karena periode 2025-2029 merupakan tahap membangun pondasi pembangunan yang kuat menuju Indonesia emas 2045.


Selanjutnya, pendekatan yang di gunakan dalam penyusunan Rancangan Teknokratis RPJMD ini adalah analisis data dan informasi, terkait pelaksanaan periode RPJMD 2021-2026 dan perumusan rekomendasi kebijakan.


“Proses perumusan kebijakan ini di lakukan dengan perpaduan antara pendekatan teknokratis/akademis dengan pendekatan partisipatoris,” tegas alumnus Universitas Sebelas Maret ini. 


Disamping itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tanah Bumbu, Andi Anwar, mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk memperoleh masukan dan saran, sehingga akan menghasilkan dokumen yang berkualitas dan berkelanjutan nantinya.


"Rumusan utama akan di tuangkan dalam berita acara dan di tanda tangani oleh pimpinan forum dan peserta yang hadir,” tukasnya. 


Adapun kegiatan pelatihan FGD ini melibatkan setidaknya lebih 200 peserta dari seluruh pimpinan SKPD beserta jajaran.


Turut hadir pada kegiatan, Fungsional Perencana Utama, Kementrian PPN/Bappenas RI. Supriyadi sebagai pemateri yang juga di dampingi Sekretaris Daerah Ambo Sakka. (dr/jb/adv)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar