Empat Parpol Belum Menyerahkan Nama Unsur Pimpinan Dewan

Rudi Heriyadi. (FOTO:IST)


JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Ketua Sementara DPRD Banjarmasin, Rudi Hariyadi menyampaikan, saat ini belum menerima surat dari parpol mengenai siapa yang akan ditugaskan sebagai unsur pimpinan legislatif.


"Sampai saat ini saya belum tahu siapa yang akan ditugaskan menjadi unsur pimpinan, Kita tunggu saja rapat pekan depan," ujar Rudi usai rapat paripurna, Jumat (13/9/2024).


Sementara itu, Sekretaris DPRD Banjarmasin, Iwan Ristianto, menegaskan hal serupa. Meski belum ada pengumuman resmi, rumor mengenai nama-nama calon unsur pimpinan sudah beredar di lingkungan DPRD.


"kita tunggu saja kepastiannya pada penetapan nanti," jelas Iwan.


Setelah penetapan pimpinan sementara, DPRD akan segera membentuk fraksi dan menyusun keanggotaan alat kelengkapan dewan (AKD).


Iwan menjelaskan bahwa surat mengenai pembentukan fraksi telah dikirim ke parpol pada Selasa (10/9/2024).


Dari delapan parpol, hanya Partai Demokrat yang belum mengirimkan surat terkait susunan fraksi. "Saya belum membaca detail susunan keanggotaan fraksi yang sudah dikirim," ujar Iwan.


Keanggotaan AKD, termasuk komisi dan badan lainnya, akan ditetapkan setelah fraksi terbentuk. Fraksi di DPRD Banjarmasin akan bermusyawarah untuk menentukan komposisi AKD, termasuk ketua komisi dan anggota badan anggaran.


“Fraksi yang akan menugaskan anggotanya untuk duduk di posisi ketua komisi dan badan anggaran," tutup Iwan.(saa/shd/jb)




Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar