Inginkan 4,4 Persen Penduduk Rekam KTP Digital

Hari Kartono. (FOTO:IST)

JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Anggota DPRD Kota Banjarmasin, Hari Kartono mendukung penuh pencapaian target perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital sebesar 4,4 persen.

 

"Kita mendukung secara sosialisasi bahkan jika diperlukan harus dibuat regulasi untuk mencapai target 4,4 persen itu," Hari Kartono di Banjarmasin. Rabu (3/9/2024)

 

Hari menyampaikan, Pemkot Banjarmasin harus menyukseskan program pemerintah pusat, agar setiap daerah minimal 4,4 persen penduduknya yang sudah wajib memiliki KTP digital.

 

"Karena menurut informasi, baru 2,4 persen tercapai, makanya akhir tahun 2024 ini targetnya bisa selesai," ujarnya.

 

Padahal ujar dia, penerapan program KTP digital ini dimulai sejak 2022, namun perkembangannya tidak begitu signifikan.

 

Pihaknya pun mengusulkan cara jemput bola atau datang langsung ke masyarakat. "Tentunya dibarengi dengan sosialisasi yang gencar, masyarakat harus tahu betul manfaatnya, hingga mereka tertarik," tuturnya.


Saat ini tambahnya, penggunaan KTP digital mestinya sudah mulai dibiasakan. Terlebih memang proses pengurusan lebih cepat jika dilakukan melalui digital.

 

"Baik di ruang publik ataupun instansi telah menggunakan itu. Bahkan beberapa layanan perbankan sudah mulai menggunakan KTP digital," tuturnya.

 

Menurutnya, memang sudah saatnya beralih ke digitalisasi. Mengingat hampir semua data sudah tersimpan pada telepon pintar atau gawai.(saa/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar