Sekwan Sebut Jumlah Fraksi DPRD Banjarmasin Berkurang

Iwan Ristianto. (FOTO:IST)

JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Sekretaris DPRD Banjarmasin Iwan Ristianto menyebutkan, jumlah fraksi di DPRD Kota Banjarmasin periode 2024-2029 dipastikan berkurang.


"Dari sebelumnya 8 fraksi berkurang satu menjadi 7 fraksi," kata Sekretaris DPRD Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto.


Berkurangnya jumlah fraksi lantaran beberapa partai berhasil menambah perolehan kursi. Seperti PKS, periode sebelumnya hanya mendapat 5 kursi, sekarang bertambah 2 kursi.


Sementara Partai Golkar pada periode 2019-2024 meraih 6 kursi, menambah menjadi 7 kursi. Penurunan jumlah kursi, terjadi di dua partai politik. PAN sebelumnya 9 kursi sekarang hanya 7 kursi. Selanjutnya kursi PBB hilang, digerus parpol lain.


"Ada dua parpol yang tidak bisa membentuk satu fraksi, yakni NasDem dan PPP," ujarnya.


Periode lalu sambung Iwan, ada tiga parpol yang tergabung dalam fraksi gabungan yakni PPP, NasDem dan PBB. "PPP 2 kursi, NasDem dan PBB masing-masing 1 kursi," ujarnya.


Untuk pembentukan fraksi, Iwan mengatakan semuanya diserahkan kepada parpol. Sekretariat sendiri sudah menerima susunan fraksi, Misalnya NasDem yang memunyai 2 kursi bergabung dengan Gerindra. 


Untuk PPP yang memperoleh 1 kursi akan bergabung dengan PDI Perjuangan. “Namun sebelum pembentukan, akan dilakukan pengumuman pimpinan definitif yang akan di gelar melalui rapat paripurna yang direncanakan pada 20 september mendatang,” tutupnya.(saa/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar