Tingkatkan Anggaran untuk Pengentasan Kawasan Kumuh

Tugiatno. (FOTO:JB)


JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN - Anggota DPRD Banjarmasin Tugiatno menginginkan adanya dukungan peningkatan anggaran untuk pengentasan kawasan kumuh pada APBD perubahan 2024.

 

"Karena pembayaran kegiatan 2023 sudah beres di APBD murni ini, pada APBD perubahan 2024 kiranya bisa kembali dimaksimalkan pengentasan kawasan kumuh itu," ujarnya di Banjarmasin. Senin (2/9/2024)


Menurut Tugiatni, pada pelaksanaan APBD murni 2024 banyak anggaran termasuk penanganan kawasan kumuh terkena pemotongan anggaran karena untuk pelunasan kegiatan Pemkot.

 

"Makanya perlu adanya komitmen Banggar untuk memperjuangkan ini. Tentunya tetap melihat kemampuan anggaran," ungkapnya.

 

Menurut data yang diketahuinya dari Pemkot Banjarmasin, kawasan kumuh yang harus dituntaskan di kota ini seluas 380 hektare.

 

Program penanganan kawasan kumuh untuk tahun ini pun ujarnya belum bisa maksimal, apalagi memenuhi target hingga 65 hektare seperti capaian dua tahun lalu.

 

"Kecuali di APBD perubahan 2024 nanti anggarannya bisa ditambah," ungkapnya.


Dia pun meminta Pemkot Banjarmasin tidak hanya mengandalkan dari APBD kota, namun mengupayakan mendapatkan bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat lebih maksimal lagi.

 

"Ini harus diupayakan oleh Pemkot," ujarnya.

 

Politikus PDIP ini pun berharap pengentasan kawasan kumuh di Banjarmasin dapat segera digenjot. “Semoga di tahun berikutnya kawasan kumuh di Kota Seribu Sungai ini dapat berkurang, kalau bisa tidak ada lagi kawasan kumuh,” tutupnya.(saa/shd/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar