Ketua Dewan Minta Kesiapan Daerah Hadapi Bencana Alam

Rikval Fachruri. (FOTO:JB)

JURNALBANUA.COM, BANJARMASIN – Komisi IV DPRD Banjarmasin menggelar rapat kerja dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Jumat (11/10/2024).


Rapat perdana anggota DPRD Kota Banjarmasin periode 2024-2029 di komisi IV dengan mitra kerja.


Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Banjarmasin Rikval Fachruri menyinggung kesiapan daerahnya menghadapi bencana gempa bumi yang kapan saja bisa terjadi.


Menurutnya, di Banjarmasin, pernah merasakan “goyangan” gempa bumi pada awal 2024 ini, meskipun tidak besar, namun ini sebuah peringatan untuk selalu siaga dan waspada.


Menurutnya, kesiapan daerah menghadapi bencana gempa ini penting dan jadi serius dibahas ketingkat selanjutnya, karena bencana ini bisa datang kapan saja, semua harus bisa siap menghadapinya.


“Memang bencana gempa itu di luar kendali kita sebagai manusia, namun jika pernah terjadi harus jadi perhatian serius kita bersama untuk antisipasi ke depannya,” ujarnya.


Dia pun menuturkan, perlu dikaji untuk pengadaan alat deteksi gempa dimiliki daerah ini, sehingga ada peringatan dini jika terjadi bencana itu.


“Dipertemuan rapat selanjutnya dengan BPBD kota agar bisa kita lebih seriusi terkait ini,” ujarnya.


Mengingat, Banjarmasin pernah diguncang gempa bumi beberapa kali, di antaranya, pada 13 Februari 2024 berkekuatan 4,7 magnitudo mengguncang Banjarmasin pada pukul 08.22 WIB.


Gempa ini terjadi di darat dengan kedalaman 10 kilometer hingga terasa pula provinsi tetangga, yakni di Kota Palangkaraya, Kalteng .


Kemudian pada 22 Maret 2024, akibat gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 magnitudo di wilayah Laut Jawa pada pukul 15.52.58 WIB, terasa sampai di Banjarmasin.(saa/jb)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar