Putra Pagatan dr Eman Tembus Kabinet, Legislator Andi Rustianto: Dia Panutan Pemuda Kalsel

Sulaiman Umar bersama Andi Rustianto berpose dalam sebuah kesempatan | FOTO: IST
JURNALBANUA.COM, BATULICIN  - Presiden terpilih Prabowo Subianto mengundang beberapa tokoh untuk datang ke kediamannya di Jalan Kartanegara IV, Jakarta Selatan selama dua hari ini.

Salah satu yang diundang yakni Sulaiman Umar atau akrab disapa dr Eman yang merupakan putra asli Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel).
 
Menyikapi hal tersebut, Legislator Tanah Bumbu, Andi Rustianto mengucapkan selamat kepada dr Eman yang secara khusus diundang Prabowo ke Kartanegara. 

"Selamat kepada dr Eman yang diundang ke Kartanegara. Insya Allah akan menjadi Menteri di kabinet Prabowo-Gibran,'' ucapnya, Selasa (15/10/2024).

Politisi PAN itu mengatakan, dr Eman merupakan sosok pemuda yang dikenal sangat dekat dengan masyarakat dan pemuda.

"Beliau ini sosok panutan kami sebagai anak muda Kalsel. Jadi tidak diragukan lagi Ketika beliau menjabat sebagai Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran,'' jelasnya.

Diketahui, Sulaiman Umar lahir di Pagatan, Tanahbumbu, Kalimantan Selatan pada 16 April 1982. Ia menempuh pendidikan S1 di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia pada 2001-2011.

Sulaiman Umar pernah bergiat di beberapa organisasi, di antaranya sebagai Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia Tanah Bumbu (2017-2020), Wakil Ketua Palang Merah Indonesia Tanah Bumbu (2017-2022), Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Tanah Bumbu (2017-2022).

Kemudian Ketua DPD Generasi Muda Pembaharuan Tanah Bumbu (2017-2020), Ketua Umum Komite Nasional Pembangunan Indonesia Tanah Bumbu (2017-2020), dan anggota PB IDI Bidang Pengabdian Profesi (2018-2021).

Dia lantas terpilih menjadi anggota DPR periode 2019-2024 dari PDI Perjuangan dengan perolehan suara 109.208. Di parlemen, dia duduk sebagai anggota Komisi VII yang membidangi energi.

Selain karier politik, Sulaiman menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Permata Marina dan Direktur Klinik Zam-Zam di Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Sulaiman memprakarsai pendirian RS Permata Marina itu bersama istrinya, Noor Andi Arina Wati Arsyad atau Arina Sulaiman.

Andi Arina merupakan adik dari pengusaha asal Batulicin, Andi Syamsuddin Arsyad atau yang dikenal dengan Haji Isam. Hingga saat ini, Sulaiman dan Arina dikaruniai tiga anak. (adv)


Space Iklan

Tags :

bm
Jurnal Banua

Situs pemberitaan online Jurnal Banua telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kemenkumham RI. Semua produk pemberitaan diolah melalui proses jurnalistik yang profesional dan bertanggungjawab.

Posting Komentar